Buah Manggis Asal Desa Kalijaya Tembus Sampai Pasar Cina

Buah Manggis Asal Desa Kalijaya Tembus Pasar Cina

Buah Manggis Asal Desa Kalijaya Tembus Sampai Pasar Cina

Ciamis, Gabbarberita.com – Buah Manggis asal Desa Kalijaya tembus sampai Pasar Cina, desa yang bertepat di Kecamatan Banjaranyar, Jawa Barat, itu menjadi komoditas ekspor yang berhasil dikirim sampai ke luar negeri.

Hasil bumi berupa buah manggis itu kini sudah tembus sampai pasar dunia, tentu hal itu merupakan sebuah kebanggaan bagi petani yang ada wilayah Desa Kalijaya, Pasawahan, Karyamukti dan Cikupa.

“Kami itu mengirim manggis sampai negara cina itu bisa tebus 3 sampai 5 ton perharinya, dan khusus untuk kelas super itu, biasanya kami kirim langsung oleh kontainer langsung dari tasikmalaya,” ujar Tedi salah satu pengepul di kalijaya.

Sedangkan untuk kualitas yang dirasa kurang dijual ke pasar lokal saja, akan tetapi hal itu tidak menutup diri bahwa para petani juga menerima kiriman dari luar kota, salah satu contohnya dari sekitaran Daerah Jawa Tengah dan Kabupaten Pangandaran.

Tedi juga mengatakan, untuk pengiriman manggis itu harus setiap hari di kirim dan tidak bisa di tunda tunda, karena selain manggis itu buahnya cepat sekali membusuk, jadi kami harus benar-benar memilih mana yang bagus untuk di ekspor dan mana yang tidak.

“Jadi biasa para petani itu panen manggis dalam setahun cuma sekali, dan tergantung dari cuacanya,” pungkasnya.

Sumber;dutapriangan .co.id

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *