Lombok Belum Pulih, Kini Palu Di Guncang Gempa & Tsunami

Gempa Palu dan Donggala

Gabbarberita.com, Palu – Indonesia kembali berduka kali ini bempa bumi berkekuatan 7,7 SR goncang Kota Palu, Donggala dan sekitarnya pada 28 September lalu. Gempa bumi yang juga di sertai dengan Tsunami itu terjadi sore dan berhasil meratakan sebagaian tempat di kota itu.

Banyak Korban yang meniggal dalam kejadian itu, bahkan masih banyak yang belum ditemukan akibat terseret ombak tsunami dan juga tertimbun reruntuhan bangunan dan setiap harinya jumlah korban terus bertambah.

Pakar Geoteknik dan Manajemen Konstruksi dari Universitas Indonesia (UI), Budi Susilo Supanji memprediksi, bahwa pemulihan Palu, Donggala dan sekitarnya akan menghabiskan waktu lebih dari satu tahun.

“Saya pikir lebih dari satu tahun, kurang dari 5 tahun. Itu perkiraan saya yang masih awam, saya enggak mengatakan harus 2 tahun, tapi tidak cukup 1 tahun karena ada psikologikal sosial yang harus dibenahi,” ujar Budi di Sekolah Ilmu Lingkungan UI Jakarta pada Senin (8/10/2018) seperti di lansir Tirto. id.

Disisi lain Lombok sampai hari ini belum juga pulih, di tambah dengan bencana yang terjadi di Palu, tentu menambah PR pemerintah dalam merehabitilitasi kota-kota yang terdampak bencana.

Lebih jauh, gempa susulan sampai saat ini terus terjadi baik di Lombok ataupun di Palu, laporan terakhir yang didapat gabbarberita.com. Gempa susulan berkekuatan 5,2 SR kembali mengguncang lombok pada Senin dini hari (08/10) dan juga 5,3 SR mengguncang Palu waktu dini hari (09/10).

Reporter: Ivan
Editor: Shirazy

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *